WISATA USAI UJIAN NASIONAL LIMA SANTRI TERSERET OMBAK TIGA DITEMUKAN MENINGGAL

BANDUNG – Lima santri terseret ombak di Pantai Cidora, Kecamatan Rancabuaya, Kabupaten Garut, Selasa (16/5). Kejadian tersebut menimpa Rijal Amrullah (16), Wisnu Dwi (16), Kholid Abdul Hasan (16), Syaefullah Abdul Aziz (16) dan Faisal Ramadhan (16). Kelimanya merupakan siswa di Pesantren Hidayatullah Depok.

Pesantren Hidayatullah Depok berwisata  usai melaksanakan Ujian Nasional SMP, Senin (15/5) pagi. Wisata alam tersebut diikuti oleh 23 santri dan didampingi oleh pengasuh. Selasa sore rombongan berangkat menuju ke Pantai Cidora untuk menikmati pemandangan laut. Beberapa santri mandi di pantai dan menikmati sore tersebut. Namun tak disangka, sekitar pukul 16.00 WIB, tiga belas santri terseret ombak. Delapan diantaranya berhasil menyelamatkan diri. Tiga orang dirawat di Rumah Sakit karena terlalu banyak menelan air. Lima santri lainnya tak berhasil diselamatkan dan menghilang.

Kejadian tersebut diterima Basarnas Kantor SAR Bandung pada Selasa pukul 19.50 WIB dari Kasat Polair Santolo. Tim rescue Basarnas Bandung langsung berangkat menuju ke lokasi kejadian dengan membawa peralatan SAR air dan peralatan pendukung lainnya. Tim  rescue Basarnas Bandung membutuhkan waktu sekitar 8 jam perjalanan untuk dapat menjangkau lokasi kejadian. Tim rescue Basarnas Bandung tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 04.00 WIB dan langsung berkoordinasi dengan Satpol Air Santolo untuk melakukan pencarian.

Tim pencari yang terdiri dari Basarnas Bandung, Ditpolair Polda Jabar, Satpolair Polres Santolo dan nelayan setempat dibagi menjadi 3 SRU (Search and Rescue Unit). SRU I menyisir pantai dari lokasi kejadian ke arah barat sampai Pantai Cidaun. SRU II menyisir pantai dari lokasi kejadian kea rah timur sampai Pantai Santolo. SRU III menggunakan 2 unit LCR menyisir perairan disekitar lokasi kejadian.

Pencarian dilakukan hingga pukul 17.30 WIB. Tim SAR gabungan berhasil menemukan 3 korban atas nama M.Faisal Ramadhana warga Perum Alam Sukamaja Depok, Khalid Abdullah Hasan warga Perum Harapan Bekasi dan RIjal Amrullah warga Jl.Sawah Darat Tangerang Banten. Ketiganya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Dua korban lainnya masih dalam pencarian, Operasi pencarian akan dilanjutkan pada Kamis (18/5) pagi.
Link Terkait
PEJABAT